Seputar Peradilan

Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban Dalam Rangka Memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H

Alhamdulillah pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021 yang dimulai pada jam 08.00 Wit sampai dengan selesai bertempat di Pengadilan Tinggi Agama Jayapura telah dilaksanakan penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban sebanyak 4 (empat) ekor sapi yang berasal dari Warga Pengadilan Tinggi Agama Jayapura.

WhatsApp Image 2021-07-21 at 09.48.29 (2).jpeg

Acara Qurban terbesut di buka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura yakni bapak  Drs. H. Sudirman S., S.H., M.H. dan dihadiri oleh  seluruh Warga Pengadilan Tinggi Agama Jayapura , kegaitan berlajalan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan  untuk mengantisipasi kerumunan pada saat pandemi covid-19 , maka daging qurban dibagikan langsung oleh petugas tanpa menghadirkan masyarakat.

WhatsApp Image 2021-07-21 at 09.48.29 (1).jpeg

WhatsApp Image 2021-07-21 at 09.48.29.jpeg

Hari raya kurban memiliki arti dan manfaat yang besar selain besar pahala yang akan diterima bagi mereka yang melaksanakannya.

Banyak dalil atau hukum yang mendasari perintah ibadah kurban baik dalam Al-Qur'an maupun hadits, antara lain :

  1. QS. Al-Kautsar ayat 1 - 2, "Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia ssngat banyak kepadamu, maka sholatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban".
  2. QS. Al-Hajj ayat 36, "Maka makanlah sebagiannya (daging kurban) dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (orang-orang yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta".
  3. QS. Al-Hajj ayat 37, "Daging-daging kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya".

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu 'anhu Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami".(isn)