• Selasa, 12/12/2017

Usai Ramadhan 1436 H Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Gelar Halal Bi Halal


Usai Ramadhan 1436 H Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Gelar Halal Bi Halal

Tak terasa Idul Fitri 1436 H sudah berlalu, namun kemenangannya tentu saja masih terasa. Pada tanggal 30 Juli 2015 atau 14 Syawal 1436 H, Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menggelar halal bi halal dalam dengan tema “ Dengan Halal Bi Halal Kita Tingkatkan Profesionalisme Persatuan dan Kesatuan Serta Etos Kerja Aparat Peradilan Agama”

Acara dihadiri oleh KPTA Jayapura,WKPTA Jayapura, pejabat Struktural, Fungsional, pegawai , ibu-ibu darmayukti karini, pegawai honorer Pengadilan Tinggi Agama Jayapura serta adik-adik PKL. Hadir pula dalam acara tersebut beberapa Ketua, Wakil Ketua dan Pansek dari Pengadilan Agama yang terdekat.

Menyambung tali silaturahmi adalah kewajiban setiap umat muslim sehingga patut untuk dijaga dan dilestarikan. Inilah yang menjadi intisari penyampaian  Drs.Muhlis, S.H., M.H. ( Wakil Ketua PA Sentani ) dalam Ceramah Hikmah Halal bi Halal Warga Pengadilan Agama yang diselenggarakan pada hari Kamis, 30 Juli 2015 di Aula Kantor Pengadilan Tinggi Agama Jayapura.

Dalam penyampaiannya  bahwa pelaksanaan Halal Bi Halal tak terlepas dari keberadaan dua tokoh sentral. Sosok Ir.soekarno  yang kali pertama mencetuskan pelaksanaan Halal bi Halal dan  DR. Abd Malik  Amrullah, dikenal  populer dengan nama Buya Hamka pencetus nama  dan pembawa hikmah Halal bi Halal pertama di dunia.

Ditegaskan kembali bahwa  esensi dasar diadakannya Halal bi Halal disamping menyambung tal silaturahmi antar sesama, juga sebagai penyempurnaan ibadah puasa Ramadhan yang dilaksanakan. “ Ramadhan hanya mampu menghapus dosa kecil kita, dosa besar ditaubatkan kepada Allah swt, sedangkan dosa sesama manusia tak akan dihapuskan Allah swt sepanjang manusia tersebut tidak secara langsung meminta maaf kepada sesamanya. Disinilah peran Silaturahmi yang dikemas dalam suatu acara khusus yang disebut Halal bi Halal,” ungkap Pak Muhlis dihadapan peserta Halal bi Halal.

 

Berkesempatan pula Ketua PTA Jayapura Drs.H. Marsaid, S.H., M.H. memberikan sambutan. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan Halal bi Halal memberikan wadah kepada kita semua untuk saling memaafkan kesalahan, menyambung tali silaturahmi yang agak renggang bahkan yang sempat terputus di hari yang lalu.” Silaturahmi harus tetap diperkokoh. Salah satu bukti manajemen kepemimpinan yang tidak berhasil jikalau komunikasi / silaturahmi tidak berjalan atau putus. Olehnya itu mari kita semua untuk selalu menanamkan jiwa persaudaraan dengan menjaga silaturahmi”, ajak Pak Marsaid.

Di momen yang sama,  Ketua PTA Jayapura yang pada 1 September 2015 telah memasuki masa purnabakti meminta maaf kepada peserta Halal bi Halal jikalau semasa kepemimpinannya terdapat kesalahan dan kekhilafan mohon kiranya untuk dimaafkan.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak Drs. Muhammad Thamrin A,MH dan salam-salaman tanda saling bermaaf-maafan.

Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alana minal ‘aidin wal faidzin. Semoga Allah menerima puasa kita dan menjadikan kita kembali (dalam keadaan suci) dan termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan. (ERM)

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, Bapak Drs. H. Marsaid, SH, MH menyampaikan permohonan maaf selaku pimpinan dan juga atas nama keluarga. Selain itu beliau berharap agar kebersamaan yang telah terjadi selama ini di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

Lebih lanjut beliau pun berharap agar nilai-nilai ramadhan akan membawa dampak kebaikan dan prestasi kerja yang semakin gemilang.

Share Usai Ramadhan 1436 H Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Gelar Halal Bi Halal via
©2017 - 2018 pta-jayapura.go.id, All Rights Reserved