Seputar Peradilan

DIREKTORAT BADAN PERADILAN AGAMA MAHKAMAH AGUNG RI

LAKSANAKAN EVALUASI DAN BIMBINGAN TEKNIS

PEMBANGUNAN ZI MELALUI VIRTUAL

 zi7

Jayapura | 21 Juli 2020

Direktorat Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI hari ini sebagaimana telah diinformasikan melalui surat tertanggal 17 Juli 2020 perihal Undangan Virtual Meeting pada hari ini antusias yang tinggi ditunjukkan oleh seluruh Pimpinan Peradilan Agama Tingkat Banding dan Tingkat Pertama diseluruh Indonesia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir dan mengikuti dalam kegiatan virtual meeting ini dan kemudian dilakukan live streeming youtube di media sosial.

 zi3  zi6

Dalam kegiatan ini, juga diwujudkan Antusias yang tinggi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura bersama Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura serta seluruh Hakim Tinggi dan Pejabat struktural serta fungsional Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, hal ini dapat dilihat diatas begitu serius para pejabat mengikuti arahan dari Badan Pengawas Direktorat Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI melalui virtual meeting ini.

zi2

dalam kesempatan tersebut Tim Auditur BAWAS Badilag MA-RI selaku narasumber memberikan beberapa catatan Evaluator Evaluasi PMPZI untuk di tindaklanjuti bagi unit kerja atau satker yang dalam hal ini belum atau dalam mempersiapkan satkernya menuju pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) antara lain :

  1. Pada saat penginputan data dukung ke dalam aplikasi pmpzi.mahkamah.agung.go.id tidak dilakukan supervisi yang memadai.
  2. Pemilihan data dukung yang paling terkini (Update) unit kerja pada sub area pengungkuit tidak dilakukan selektif dan berjenjang pada masing - masing area.
  3. Data dukung yang seharusnya dimutakhirkan (update) secara berkala, tidak dilakukan.
  4. Lemahnya pendokumentasian atas setiap kegiatan Monitoring dan Evaluasi pada setiap area pengungkit
  5. Tidak ada penjelasan mengenai adanya inovasi layanan pada unit kerja
  6. Persepsi unit kerja terkait pemenuhan data dukung untuk mendukung pernyataan pada setiap sub area berbeda dengan persepsi TIM Penilai Internal
  7. Pada Area 3 terkait Analisis Kebutuhan Diklat (Training Need Analysis), Persentase Kesenjangan Kompetensi, Pengukuran Kinerja Individu tidak sesuai dengan pernyataan dengan data dukung yang diunggah
  8. Hasil Survey Indeks perilaku anti korupsi yang tidak memenuhi persyaratan minimal (9). Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (Internal dan eksternal) tidak dilampiri data dukung
  9. Unit kerja tidak menindaklanjuti catatan Evaluator.

red(TIM/IT-ptajayapura)