Seputar Peradilan

 

Senin, 22 Juni 2020, Tim Pengawasan dan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama Jayapura melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama Jayapura Kelas I b. Pengawasan dan Pembinaan kali ini merupakan kegiatan rutin Pengadilan Tinggi Agama Jayapura yang dilaksanakan setiap semester terhadap seluruh Pengadilan Agama  yang ada di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura untuk melakukan pengawasan sekaligus pembinaan terkait pelaksanaan tugas di Pengadilan Agama  terkait. Khusus untuk Pengadilan Agama Jayapura Kelas I b  pengawasan dijadwalkan mulai hari Senin, 22 s/d 23 Juni 2020.

 

pengawasan pa jypura 01 2020

 

Rombongan diterima di ruang ketua Pengadilan Agama Jayapura Kelas I b,  kemudian Tim pengawasan berdasarkan tugas masing-masing melanjutkan dengan pemeriksaan pada semua bagian baik kepaniteraan maupun kesekretariatan.

Setelah melalui pengawasan dan pemeriksaan sehari penuh pada hari Senin tanggal 22 Juni 2020, maka pada hari Selasa tanggal 23 Juni 2020 dilakukan ekspose hasil pengawasan, bertempat di Ruang Sidang Cakra yang dihadiri oleh seluruh karyawan/ti Pengadilan Agama Jayapura Kelas I b. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Drs. H.Helmy Thohir, M.H membuka acara dengan terlebih dahulu memimpin yel-yel sebagai motivasi diikuti oleh seluruh peserta yang hadir dalam ruangan tersebut.

pengawasan pa jayapura 02 2020.jpeg

Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa pengawasan yang dilaksanakan kali ini adalah wujud dari pelaksanaan amanat dari Mahkamah Agung RI kepada Pengadilan Tinggi di seluruh Indonesia untuk rutin melakukan pengawasan dan pembinaan kepada Pengadilan Tingkat Pertama di wilayah hukumnya masing-masing.

 

pengawasan pa jypura 03 2020

Pemaparan hasil pengawasan kemudian dilanjutkan oleh masing-masing koordinator Pengawasan bidang, dimulai dari Hakim Tinggi Bpk. Drs.Bahrul Amzah,M.H Sebagai Koordinator Pengawas untuk bidang Kepaniteraan kemudian oleh Kabag Umum dan Keuangan Bpk. Taharudin, S.H.,M.H sebagai koordinator pengawas bidang kesekretariatan dimana disimpulkan bahwa hasil pengawasan di tiap bidang sudah cukup baik, namun tentu masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi.

Setelah pemaparan hasil pengawasan selesai, acara ditutup oleh Ketua Pengadilan Agama Jayapura Kelas I b, Dra.Farida Hanim,M.H dengan ucapan terima kasih atas kedatangan tim pengawas Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, sekaligus permohonan maaf dari keluarga besar Pengadilan Agama Jayapura Kelas I b  jika dalam rangkain pengawasan ini ada hal-hal yang kurang berkenan, dan terhadap temuan-temuan yang sudah dipaparkan agar masing-masing bidang segera dan secepat mungkin menindaklanjutinya.(Fikri)