Seputar Peradilan

LIVE STREAMING PIDATO KETUA MAHKAMAH AGUNG PERIODE 2020-2025

1

Ketua Mahkamah Agung Dr. H.Muhammad Syarifudin, S.H, M.H.  menyampaikan pidato perdana sebagai Ketua MA 2020-2025 secara online. Pidato itu dilaksanakan di gedung MA dan dihadiri pimpinan MA .  Rabu, 13 Mei 2020, Agenda kegiatan  yang dilaksanakan ini setelah yang mulia Ketua Mahkamah Agung Bpk. Dr. Syarifuddin, S.H., M.H.  Mengucapkan Sumpah dihadapan Bapak Presiden RI  pada tanggal 30 April 2020 di Istana Merdeka, yang mulia menyampaikan  pidato pengarahan untuk seluruh jajaran peradilan di indonesia baik di pusat Mahkamah Agung maupun di daerah dengan menggunakan Command Center Mahakamh Agung yang di prakasai oleh Biro Hukum dan Humas, pelaksanaan kegiatan pidato pengarahan  menggunakan 2 metode yaitu zoom meeting yang bisa diakses oleh seluruh Hakim Agung, dan Hakim Adhoc serta pejabat eselon I yang berada di ruangan masing masing dalam kantor Mahkamah Agung, dan menggunkan live streaming Youtobe untuk peradilan seluruh indonesia.

Dalam pengarahan yang mulia Ketua Mahkamah Agung menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan kehormatan kepadanya untuk memimpin Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Indonesia.

Salah satu materi yang disampaikan adalah Paket Kebijakan Pembinaan dan Pengawasan. Ia meminta aparatur pengadilan tidak alergi dengan pengawasan.

"Kepada aparatur Badan Peradilan agar tidak alergi dengan pengawasan. Yang alergi, malah itu yang harus dicurigai. Semboyan kita, yang bisa kita bina, kita bina. Yang tidak bisa kita bina, kita binasakan saja," Untuk itu, Bapak Dr. Syarifuddin, S.H., M.H.  menegaskan bahwa Mahkamah Agung selalu terbuka akan segala masukan maupun kritik terhadap peradilan, menyambut baik segala upaya berbagai pihak yang turut memikirkan dan mencintai keadilan, untuk bersama-sama membangun peradilan. Mahkamah Agung juga membuka lebar pintu kerja sama dan peran serta dari semua pihak khususnya dari kementerian dan lembaga negara, penegak hukum, para akademisi dan praktisi hukum, serta lembaga masyarakat untuk bersama-sama memajukan dunia peradilan dan mewujudkan peradilan yang agung.