Seputar Peradilan

PEMBINAAN PADA PENGADILAN AGAMA BIAK KELAS II

 

biak

Biak, 04 Desember 2019. Sesuai dengan  surat tugas ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Nomor : W25-A/1191/Kp.01/11/2019  tanggal 20  November 2019 wakil ketua beserta rombongan melakukan pembinaan mulai dari tanggal 03 Desember 2019 s/d  04 Desember 2019 pada Pengadilan Agama Biak Kelas II. Dalam pembinaan tersebut pada hari pertama tim melakukan tinjau lapangan guna mengetahui kondisi sebenarnya  baik dari segi saranan dan prasarana, administrsi persidangan, administrasi  kepaniteraan  dan administrasi kesekretariatan  yang ada pada Pengadilan Agama Biak Kelas II.

Tinjauan lapangan secara langsung tersebut diharapkan dapat memberikan potret sesunguhnya bagaimana komitmen Pengadilan Agama Biak kelas II dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena dari situlah tercermin bagaimana komitmen serta integritas seluruh pejabat dan pegawai dalam memberikan pelayanan. Selaian komintmen terhadap  pengguna layanan terlebih lagi bagaimana Pengadilan Agama Biak kelas II menjalankan kebijakan-kebijakan baik dari tingkat banding maupun kebijakan dari tingkat pusat.

Adapun kebijakan dari tigkat pusat antara lain yang terbaru adalah tentang e-court dimana tujuan dari e-court tak lain dan tak bukan ialah untuk mempermudah masyarakat pencari keadilan untuk memperoleh kepastian hukum karena produk pengadilan adalah kepastian hukum bagi mayarakat pencari  keadilan.

 Setelah dilakukan tinjauan lapangan pada hari pertama dilanjutkan pembinaan dengan audiensi bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Biak Kelas II yang dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai pengadilan Agama Biak Kelas II. Dalam acara tersebut bapak wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura  menekankan lagi mengenai integritas dan professionalitas dalam memberikan pelayanan. Selain beliau juga berpesan bahwa e-court wajib dilaksanakan walapuan dengan tantangan keterbatasan sumberdaya  manusia yang tersedia. Sehingga SDM jangan dijadikan alasan untuk tidak memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat pencari keadilan. Kemudian dilanjutkan oleh bapak Drs. H. Muhammad Syafi’Ie Thoyyib, S.H.,M.H. beliau fokus pada administrasi persidangan dan proses persidangan dimana terkait dua hal tersebut akan berpengaruh pada penilaian SIPP yang di publiseh setiap minggu oleh dirjen badan peradilan agama mahkamah agung RI sehingga kinerja Pengadilan Agama dapat tercermin dari publikasi penilaian SIPP.

biak1

Sesi terakhir disampaikan oleh Rofii selaku ka. Sub. Bag. Keuangan dan pelaporan dimana dari bidang kesekretariatan merupakan suporting unit sehingga lembaga pengadilan dapat  memberikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan  kepada masyarakat baik dari sarana dan prasarana, fasiitas dan lain sebagainya dimana ujung dari semua itu adalah masyarakat dapat dilayani dengan baik. Dan di akhir sesi acara dilakukan foto bersama.c4pun987