Seputar Peradilan

PTA JAYAPURA ADAKAN KEGIATAN PEMANTAPAN E-LITIGASI DAN 9 INOVASI BADILAG

VIA TELECONFERENCE DENGAN BADILAG DAN PENGADILAN AGAMA SE-PAPUA DAN PAPUA BARAT

 

e1

Mahkamah Agung telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada publik khususnya pencari keadilan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, telah banyak terobosan yang dilakukan. Salah satunya adalah dengan telah dikeluarkannya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik. Sejalan dengan Perma ini, diluncurkanlah aplikasi E-Litigasi oleh Mahkamah Agung. Selanjutnya dengan Perma Nomor 1 Tahun 2019 dan aplikasi E-Litigasi, Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI kemudian meluncurkan 9 (sembilan) inovasi yang terdiri dari aplikasi notifikasi perkara, aplikasi informasi perkara dan informasi produk pengadilan agama, aplikasi antrian sidang, aplikasi verifikasi data kemiskinan (kerja sama dengan AIPJ dan TNP2K), command center Badilag, aplikasi e-eksaminasi, aplikasi PNBP, aplikasi e-register perkara, dan aplikasi e-keuangan perkara.

Ketua Mahkamah Agung secara tegas telah memerintahkan kepada 4 (empat) peradilan di bawahnya, bahwa pada tanggal 02 Januari 2019 seluruh peradilan di bawah Mahkamah Agung sudah harus wajib melaksanakan E-Litigasi. Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI juga telah memerintahkan agar pada tanggal 25 November 2019, seluruh jajaran Peradilan Agama wajib melaksanakan sudah mengimplementasikan 9 inovasi yang dibuat oleh Badilag.

e2

Menindaklanjuti perintah Ketua Mahkamah Agung RI dan Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI tersebut, Pengadilan Tinggi Agama Jayapura pada tanggal 20 November 2019 telah mengadakan kegiatan pemantapan e-litigasi dan 9 inovasi badilag dengan narasumber langsung oleh Dirjen Badilag (Dr. H. Aco Nur, S.H., M.H.) melalui teleconference yang disaksikan Pengadilan Agama se-Papua dan Papua Barat juga melalui teleconference. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura (Drs. H. Helmy Thohir, M.H.) dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura (Drs. H. Makmun, S.H., M.H.), dengan peserta seluruh Hakim Tinggi, Pejabat struktural, dan pejabat fungsional Pengadilan Tinggi Agama Jayapura. Pengadilan Agama yang secara langsung hadir dalam kegiatan ini adalah Pengadilan Agama Jayapura, Pengadilan Agama Sentani, dan Pengadilan Agama Arso, sementara 11 (sebelas) Pengadilan Agama lainnya mengikuti kegiatan melalui teleconference.

e3

Dalam kegiatan ini, Dirjen Badilag selain memberikan materi tentang e-litigasi dan 9 inovasi badilag, juga secara langsung bertanya kepada seluruh Pengadilan Agama yang ada di Papua dan Papua Barat tentang implementasi e-litigasi, 9 inovasi badilag, dan memantau perkembangan peringkat SIPP, termasuk kendala-kendala yang dihadapi. Selanjutnya Dirjen Badilag memberikan apresiasi kepada Pengadilan Tinggi Agama Jayapura yang telah berhasil melaksanakan kegiatan ini dengan memanfaatkan teleconference sehingga dapat menyambungkan komunikasi secara langsung dari Jakarta ke seluruh wilayah pengadilan agama di Papua dan Papua Barat.

Dengan hadirnya Dirjen Badilag Mahkamah Agung sebagai narasumber meskipun hanya melalui teleconference, sangat memberi motivasi kepada jajaran Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dan Pengadilan Agama se-Papua dan Papua Barat dalam melaksanakan e-litigasi dan 9 (sembilan) inovasi Badilag. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, pelaksanaan e-litigasi dan 9 (sembilan) inovasi Badilag dapat dilaksanakan dengan sebaiknya oleh Peradilan Agama di wilayah Papua dan Papua Barat.(red/TY)