Seputar Peradilan

KUNJUNGAN KERJA KETUA PTA JAYAPURA KE PA MANOKWARI

manok1

Jumat 28 Juni 2019, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura didampingi Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jayapura melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Manokwari.

Kunjungan ini dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya, hal ini dimaksudkan agar diketahui secara real kondisi di Pengadilan Agama Manokwari. Selain untuk melakukan pembinaan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Manokwari, kunjungan ini juga untuk memberikan semangat dan dukungan kepada pimpinan Pengadilan Agama Manokwari yang baru dilantik pada tanggal 19 Juni 2019.

Ketua PTA Jayapura langsung melihat-lihat kondisi seluruh ruangan dan sarana prasarana yang ada di kantor PA Manokwari. Dilanjutkan dengan pembinaan secara keseluruhan di ruang sidang PA Manokwari.

Dalam pembinaannya, Ketua PTA Jayapura menyampaikan bahwa setelah adanya pergantian pimpinan, agar tetap terjadi koordinasi yang baik. Lanjutkan kebijakan dan program pimpinan lama jika hal tersebut baik. Baiknya satu institusi bukan digantungkan pada satu dua orang, tetapi tergantung pada semua anggota, meskipun itu honorer sekalipun. Pimpinan harus mampu mendudukkan segala sesuatu secara profesional dan proporsional. Harus ada koordinasi antar kepaniteraan dan kesekretariatan dalam menjalankan tugas pendukungan sebagai supporting unit untuk menjalankan tugas peradilan, sejalan dengan perubahan perma 7 tahun 2015. Keseluruhan anggota dan pimpinan, diminta agar menunjukkan kualitas PA yang berada di ibukota provinsi dan layak sebagai kelas I A.

manok2

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi rumah dinas PA Manokwari. KPTA Jayapura meminta kepada wakil ketua dan sekretaris PA Manokwari, agar mempertimbangkan secara bijak untuk pengelolaan rumah dinas yang ada, termasuk bangunan yang didirikan di tanah rumah dinas. Segera dilakukan pencatatan BMN untuk tertib aset dan dapat diajukan pemeliharaan atau rehab terhadap rumah dinas tersebut.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan pada pukul 19.30 WIT, Ketua PTA Jayapura mengadakan pembinaan administrasi teknis sekaligus diskusi hukum dengan wakil ketua, panitera dan seluruh hakim PA Manokwari. Sedangkan sekretaris PTA Jayapura, didampingi sekretaris PA Manokwari dan jajarannya mengecek kondisi lapangan terkait pemeliharaan gedung kantor dan sarana prasarana kantor PA Manokwari. Kemudian Sekretaris PTA Jayapura melakukan pembinaan pada jajaran sekretariat PA Manokwari terkait administrasi keuangan, umum, perencanaan dan kepegawaian.

manok3

Pukul 22.00 WIT, Ketua PTA Jayapura didampingi Sekretaris PTA Jayapura melakukan pembinaan kepada wakil ketua, panitera, dan sekretaris PA Manokwari. Dalam kesempatan ini KPTA Jayapura menekankan agar seluruh unsur pimpinan PA Manokwari (wakil ketua, panitera, dan sekretaris) selalu kompak dan menjaga kerukunan di PA Manokwari. Perlu dijaga transparasi dan saling percaya untuk menjalankan tugas-tugas di PA Manokwari. Sehingga dalam bekerja terasa nikmat hingga hasilnya bisa maksimal.