Seputar Peradilan

Adu Kreatifitas, PTA Jayapura Gelar Capaian Inovasi Peradilan

di Hadapan Para Pimpinan Pengadilan Agama se Papua dan Papua Barat

inovasi 1

Sekretaris PA Sentani, Sekretaris PA Manokwari dan Kepala Bagian Perencanaan & Kepegawaian PTA Jayapura unjuk inovasi peradilan di hadapan Para Pimpinan Pengadilan Agama se Papua dan Papua Barat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Jayapura, Jumat (21/6). Acara yang bertajuk pamer kreativitas tersebut merupakan rangkaian dari pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura yang digelar sejak tanggal 19 s.d. 21 Juni 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dan empat unsur Pimpinan Pengadilan Agama yaitu Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris se Papua dan Papua Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris PA Sentani Panuju Hidayat, S.H.I. menampilkan inovasi aplikasi yang diberi nama SIPERNIK (Sistem Informasi Persuratan Elektronik). Dalam presentasinya ia menjelaskan bahwa “aplikasi ini diciptakan untuk mempermudah prosedur surat masuk dan keluar peradilan. Dengan aplikasi ini admin surat masuk cukup men-scan surat tersebut dan kemudian dimasukkan dalam aplikasi SIPERNIK, kemudian didisposisi sesuai dengan tujuan surat melalui aplikasi tersebut”, ungkap Panuju.

inovasi 2

Sementara itu, Sekretaris PA Manokwari, Ary Dian Iswahyudi, S.T. mengenalkan inovasinya dengan nama SIDAWAI (Sistem Informasi Kepegawaian). Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa “melalui aplikasi ini, prosedur izin keluar masuk kantor akan menjadi lebih mudah. Seseorang yang hendak izin keluar kantor cukup mengisi identitas dan alasan izin keluar kantor pada aplikasi SIDAWAI di meja resepsionis”, papar Ari.

Kepala Bagian Perencanaan & Kepegawaian PTA Jayapura, Taharuddin S, S.H., M.H. sebagai peserta terakhir, dalam presentasi tersebut menampilkan inovasi aplikasi arsiparis. Melalui presentasinya, ia mengungkapkan bahwa “dengan aplikasi ini pola kerja arsiparis akan menjadi lebih mudah, seorang arsiparis cukup men-scan dokumen yang akan diarsipkan kemudian memasukkan ke dalam folder bagian masing-masing sehingga ketika akan mencari dokumen yang akan dibutuhkan cukup membuka folder pada aplikasi dimaksud tanpa harus bersusah-susah membongkar arsip manual”, pungkas Taharuddin.

inovasi 3

Lebih lanjut dalam upaya untuk memfasilitasi inovasi – inovasi tersebut agar dapat bermanfaat dan diterapkan, PTA Jayapura akan membentuk tim khusus yang akan menelaah inovasi yang sudah siap dipergunakan untuk secara bersama-sama diterapkan di wilayah Pengadilan Agama di Papua dan Papua Barat.

Seluruh aplikasi yang ditampilkan ini merupakan ikhtiyar para aparatur peradilan dalam rangka mempermudah pola kerja manual menjadi berbasis digital untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Pengadilan Tinggi Agama Jayapura akan terus mendukung inovasi-inovasi dari para aparaturnya guna merealisasikan visi Terwujudnya Pengadilan Tinggi Agama Jayapura sebagai Badan Peradilan yang Agung. (Red/Yusron)