Seputar Peradilan

Sosialisasi Dampak Bahaya Narkoba dan Sekaligus Tes Urine

Berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 03 Tahun 2019

di Pengadilan Tinggi Agama Jayapura

DSCN6562x

Jayapura - Pengadilan Tinggi Agama Jayapura bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua menyelenggarakan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba dan sekaligus tes urine, Senin (20/5/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional serta segenap Tim dari BNN Provinsi Papua.

Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2018-2019 dan Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 03 Tahun 2019 yang mengatur tentang Penyalahgunaan Narkotika.

DSCN6566x

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menyampaikan “ucapan terima kasih kepada segenap Tim BNN Provinsi Papua atas kerjasamanya yang baik. Sebagai upaya untuk menjaga kualitas keimanan guna membentengi para pegawai dari penyalahgunaan narkoba, Pengadilan Tinggi Agama Jayapura mengagendakan siraman rohani setiap hari kamis sehabis sholat ashar di luar bulan ramadhan. Sedangkan untuk bulan ramadhan dilaksanakan setiap hari kerja setelah sholat dzuhur”, tambah Ketua.

Di sisi lain, Kasman, S.Pd, M,Pd selaku Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Papua menyampaikan bahwa kita harus mewaspadai bahaya laten penyalahgunaan narkoba dimulai dari keluarga. Ciri-ciri anak yang mengalami kecanduan narkoba biasanya ketika makan dan minum suka di tempat-tempat yang sepi, ketika diajak bicara suka marah-marah, anak mulai takut dengan air, jarang mandi dan kalau sudah terdapat ciri-ciri demikian perlu dicurigai serta bila ternyata benar positif sebagai korban penyalahgunaan narkoba harus segera direhabilitas. Sedangkan upaya strategis untuk mencegahnya adalah anak perlu dilandasi dengan pengetahuan agama yang baik”, papar Kasman”.

IMG 20190520 1143081x

Kegiatan ini ditutup dengan  tes Urine oleh seluruh pegawai baik yang PNS maupun tenaga honorer. (adm/ysrn)