Seputar Peradilan

Ketua PTA Jayapura Kunjungi PA Sentani yang Terkena Musibah Banjir Bandang di SentaniWhatsApp Image 2019 03 20 at 11.30.12

Senin tanggal 18 Maret 2019 jam 10.00 WIT, Ketua PTA Jayapura bersama Wakil Ketua, Hakim Tinggi, dan Sekretaris PTA Jayapura, serta Ketua PA Jayapura dan Ketua PA Arso, mengunjungi PA Sentani yang terkena musibah banjir bandang di Sentani kabupaten Jayapura provinsi Papua. Kunjungan tersebut  selain dalam rangka memberikan dukungan moral kepada seluruh pegawai di PA Sentani, juga untuk melihat seberapa besar dampak bencana banjir bandang terhadap gedung kantor PA Sentani dan rumah warga peradilan agama yang ada di Sentani.

Banjir bandang tersebut telah menyebabkan pintu gerbang kantor PA Sentani rusak, selain itu lumpur menggenani halaman kantor, selain itu mobil dinas Mitsubishi kuda Nopol DS 1356 FZ operasional panitera PA Sentani juga mengalami rusak parah karena terendam banjir danlumpur. Beberapa rumah warga peradilan agama yang ada di Sentani terendam banjir dan lumpur yang mengakibatkan rumah rusak parah, termasuk perabotan dan kendaraan yang juga rusak parah.

WhatsApp Image 2019 03 20 at 11.30.35

Berdasarkan informasi dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho yang dikutip dari www.cnbcindonesia.com dan Kepala BNPB Letjen TNI Beni Munardo di RS Bhayangkara Jayapura, Senin siang tanggal 18 Maret 2019, diketahui bahwa bencana banjir bandang terjadi karena curah hujan ekstrem yaitu 248,5 milimeter perjam yang berlangsung selama tujuh jam sekitar pukul 17.00 hingga 24.00 WIT. Selanjutnya terjadi longsor di bagian hulu yang materialnya menyumbat hingga membuat air meluap. Volume air terus bertambah kemudian badan air atau bendung alami ini jebol dan menerjang di bagian bawah dengan membawa material-material kayu gelondongan, pohon, batu, lumpur, dan lainnya dengan kecepatan aliran yang besar. Kondisi gunung Cyclop yang mengalami penggundulan hutan karena ulah manusia, ikut memperparah hingga terjadi banjir bandang pada tanggal 16 Maret 2019.

Untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat dan warga PA yang tinggal di Sentani, Ketua PTA Jayapura telah mengambil beberapa langkah, diantaranya adalah dengan memerintahkan kepada warga PTA Jayapura dan PA Sewilayah Papua dan Papua Barat untuk memberikan sumbangan yang akan diberikan kepada warga yang terkena musibah banjir bandang.

WhatsApp Image 2019 03 20 at 11.31.09