• Sabtu, 18/11/2017

PTA Jayapura Menyelenggarakan Monev Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual


Bertempat di Pengadilan Tinggi Agama Jayapura diadakan kegiatan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual pada Empat Lingkungan Peradilan se-Wilayah Papua dan Papua Barat. Acara yang berlangsung pada tanggal 13-17 Nopember 2017 tersebut dihadiri oleh seluruh operator Saiba dan operAtor Simak-BMN sewilayah Papua dan Papua Barat.

Kepala Bagian Akuntansi Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi MA-RI Azkia Kusumastuti, S.E.,MM mengawali sambutan mengungkapkan kegiatan tersebut dalam rangka evaluasi terhadap penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual dan tindak lanjut monitoring terhadap telaah E-rekon-LK Triwulan III tahun 2017 serta persiapan finalisasi laporan keuangan guna mewujudkan laporan keuangan yang disajikan secara wajar hingga dengan terlaksananya Standar Akuntansi Pemerintah serta pengungkapan Laporan keuangan yang diungkapkan secara memadai serta telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sembari memperlihatkan pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh Mahkamah Agung seperti raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut serta yang terbaru yaitu penghargaan atas kinerja pengelolaan BMN tahun 2016 kategori Kepatuhan Pelaporan BMN yang diterima pada awal bulan November 2017. Hal tersebut menurut beliau tidak lepas dari turut serta satker-satker di daerah di bawah Mahkamah Agung RI. Oleh karena itu beliau menghimbau kepada satker-satker di wilayah untuk terus semangat berkomitmen dalam mengelola keuangan dan BMN yang baik di wilayah satker masing-masing guna terus terwujudnya pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Pengelolaan keuangan yang baik berawal dari perencanaan, pelaksanaan, penggunaan anggaran dan pelaporan yang tepat sasaran dan jelas hasil yang diperoleh yaitu mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan yang mengarah pada program dan pembangunan. Setiap kegiatan program wajib sesuai dengan berorientasi pada hasil yang dicapai yaitu Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung ucap beliau sekaligus membuka acara Monev tersebut.

 

Acara dilanjutkan telaah Tim Biro Perlengkapan dan biro keuangan terhadap Akurasi data penyusunan Laporan keuangan berbasis akrual pada masing-masing satker.

 

 

Share PTA Jayapura Menyelenggarakan Monev Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual via
©2017 - 2018 pta-jayapura.go.id, All Rights Reserved